Kamis, 16 Desember 2010

Perubahan kebudayaan di masa lalu , masa sekarang dan masa yang akan datang.


Perubahan  kebudayaan di masa lalu , masa sekarang dan masa yang akan datang.

            Budaya pada masa lampau memiliki relevansi dengan budaya masa sekarang dan masa yang akan datang. Di masa lalu hidup nenek moyang kita hidup sangat terbatas , tidak ada alat penerangan sama sekali pada malam hari dunia serasa tiada penghuni, namun mereka tetap dapat bertahan hidup dengan pakaian seadanya makanan seadanya yang tersedia di alam bahkan mereka tidak mengenal bahasa dan buta akan pengetahuan hidup hanya bermodal jasad dan jiwa. Namun, manusia di berkahi pikiran untuk terus berinovasi begitu pula dengan perubahan budaya yang terus berlangsung dan tidak akan berhenti selama manusia berfikir di muka bumi ini.
            Warisan budaya masa lalu dari perkembangan peradaban dari paling primitive yaitu ketika manusia masih menggantungkan hidup pada batu-batuan kemudian manusia mulai menemukan api lalu kepercayaan pada hal-hal gaib, tradisi dan adat istiadat yang sudah mulai berkembang pada setiap Negara dan daerah nya masing-masing.nilai-nilai budaya masih sangat melekat di masa lalu norma dan nilai agama, adat istiadat masih di junjung tinggi oleh masyarakat dulu.
            Budaya yang di wariskan nenek moyang kita telah mulai di tinggalkan dan mulai terkikis pada masa kini. Pada masa sekarang masyarakat di uji oleh berbagai budaya asing dan perlahan mulai menerimanya.
            Di masa sekarang  nilai-nilai kebudayaan mulai pudar, mungkin suatu saat akan hilang seiring berjalan nya waktu, pada kenyataan nya tradisi masyarakat dulu tidak dapat bertahan seiring berkembang nya zaman, tradisi lama di ganti dengan dunia modern, budaya modern saat ini berpusat pada hiburan , dunia gemerlap, dunia anak muda , teknologi canggih dan semacamnya.  Bagaimana dengan masa yang akan datang ? tentunya perubahan akan terus terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Di masa sekarang pun sebagian besar masyarakat Indonesia mulai meninggalkan tradisi nenek moyang kita. Apakah di masa yang akan datang tradisi kita akan hilang dan punah atau malah sebalik nya, untuk itu di masa sekarang harus nya kita terus cepat sadar dan membangun kembali budaya kita dangan inovasi yang menarik agar akan tetap terus bertahan sampai kapan pun.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar